Smoothing Rambut, Apakah Berbahaya?

Smoothing rambut; apakah aman bagi rambut? Dewasa ini kita bisa menemukan berbagai macam variasi rambut, mulai dari style potongan rambut, warna rambut, sampai membuat rambut keriting menjadi lurus atau sebaliknya. Apakah yang dimaksud dengan smoothing rambut? Smoothing adalah cara meluruskan rambut dengan memberi obat kimia. Prosesnya memakan waktu yang lama karena ada beberapa langkah dan obat kimia harus diberikan ke rambut beberapa kali. Banyak perempuan yang merasa bosan dengan model rambut keriting atau mengombak lalu mengubah bentuk rambutnya menjadi lurus. Apabila dihubungkan dengan fashion, memang rambut juga sangat berpengaruh dalam penampilan. Kemudian, pertanyaan yang sering muncul adalah apakah smoothing berbahaya?

smoothing rambut bahaya

Efek Samping Smoothing Rambut

Dalam beberapa penelitian memang dikatakan bahwa smoothing rambut dapat menimbulkan efek samping. Mungkin efeknya tidak dirasakan secara langsung, namun bahan kimia yang terkandung dalam obat pelurus rambut dapat membahayakan tubuh Anda. Obat kimia yang digunakan bisa menyebabkan alergi. Setiap salon tentu menggunakan obat yang berbeda. Dalam pengaplikasiannya, obat smoothing dioleskan pada rambut hingga kulit kepala dan dilakukan berkali-kali. Jika obat yang terkena kulit kepala ternyata tidak cocok pada kulit Anda, maka bisa menyebabkan alergi. Kulit kepala bisa menjadi merah, gatal, atau muncul banyak ketombe. Kondisi tersebut juga membuat iritasi pada kulit kepala.

Efek langsung dari pelurusan rambut yang sering dijumpai adalah rambut menjadi rusak. Kerusakan rambut bisa diindikasikan dengan rambut mulai rontok, menipis, ujung rambut bercabang, serta warna rambut memerah. Ketika Anda memutuskan untuk smoothing, Anda memang harus rajin merawat rambut dan treatment khusus perawatan rambut setelah smoothing, khususnya dengan memberikan vitamin pada rambut. Rambut yang diluruskan hanya berlangsung dalam kurun waktu tertentu, biasanya maksimal satu tahun. Selebihnya, Anda harus melakukan treatment ulang dengan memberikan obat pelurus rambut kembali. Pemberian obat berulang-ulang tentu sangat berdampak buruk terhadap kondisi rambut Anda. Kadar minyak yang terkandung dalam rambut bisa semakin berkurang. Hal ini menyebabkan rambut menjadi kering. Selain itu, smoothing juga bisa menghambat pertumbuhan rambut terganggu sehingga rambut Anda tidak mengalami pembaruan.

Smoothing rambut ternyata juga dapat menimbulkan dampak yang berbahaya bagi tubuh. Akibat dari penggunaan obat pelurus rambut adalah bisa menyebabkan pendarahan di hidung. Lebih parahnya lagi, ternyata kondisi tersebut jika dibiarkan berlarut-larut juga dapat memicu kanker. Obat yang mengandung bahan kimia yang dioleskan ke kepala akan terserap ke jaringan kulit. Kemudian bisa masuk ke saraf-saraf yang ada di kepala dan merangsang ke otak. Namun, rangsang yang diberikan bukanlah nutrisi bagi otak melainkan bahan kimia yang memicu kanker. Hal itu juga didukung dengan alat-alat lain yang digunakan seperti catok rambut yang membuat rambut serta kulit kepala panas.Setelah Anda mengetahui bahaya dari smoothing, apakah Anda masih berminat? Lebih baik cantik alami daripada harus mengorbankan kesehatan Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *