9 Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami, Ampuh dan Efektif

Cara Mengusir Nyamuk – Sudah tak asing lagi keberadaan serangga yang satu ini di sekitar kita, padahal keberadaannya cukup mengganggu. Tak lain adalah nyamuk, yang cukup sulit untuk dibasmi karena nyamuk dapat berkembang biak dengan cepat. Selain mengganggu waktu istirahat, nyamuk jenis tertentu juga berbahaya karena dapat menyebarkan jenis penyakit tertentu seperti malaria. Untuk itu, ada baiknya anda memperhatikan cara mengusir nyamuk yang alami, ampuh dan efektif, serta tidak ada efek samping berbahaya bagi kesehatan anda.

cara mengusir nyamuk

Cara Mengusir Nyamuk dengan Bahan Alami

Sudah saatnya meminimalkan penggunaan obat anti nyamuk pasaran, karena kini anda dapat memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar anda untuk mengusir nyamuk. Tanaman pengusir nyamuk beberapa di antaranya adalah:

1. DAUN SERAI

Cara alami mengusir nyamuk yang pertama adalah menggunakan dau serai. Caranya: ambil daun serai, campurkan dengan air secukupnya lalu haluskan dengan blender. Diamkan kurang lebih 12 jam, kemudian saringlah daun serai yang diblender tadi, sehingga akhirnya menghasilkan cairan saja. Masukkan air serai tersebut ke dalam botol semportan, kemudian semprotkan ke berbagai sisi rumah anda. Jika ingin cara yang lebih praktis, anda bisa memakai ekstrak daun serai yang sudah jadi (berupa minyak ) dengan cara memercikkan cairan tersebut pada ruangan.

2. KULIT JERUK

Kulit jeruk sudah terkenal sebagai bahan alami yang dapat mengusir nyamuk. Jika anda ingin mencobanya sendiri, caranya adalah dengan menaruh kulit jeruk kering di ruangan anda. Dengan begitu, selain memberi wangi alami pada ruangan juga mengusir nyamuk.

3. MINYAK LAVENDER DAN RAGI

Anda bisa membuat obat nyamuk alami dengan menggunakan lavender dan ragi. Caranya: siapkan minyak lavender, lalu larutkan minyak lavender dengan menambahkan air sekitar 10% dari banyaknya minyak lavender, juga ragi secukupnya. Aduk hingga larut sehingga menjadi cairan, sehingga siap ditaruh di wadah dan disimpan di ruangan anda.

4. MENGUSIR NYAMUK DENGAN BUNGA

Ada beberapa jenis bunga yang memiliki wangi yang tidak dapat ditahan oleh nyamuk, yakni bunga krisan, geramary, rosemary dll. Caranya sangat mudah, yakni cukup menanam bunga krisan/geramary/rosemary di sekeliling rumah anda. Untuk cara yang lebih sederhana, jenis bunga rosemary yang berukuran kecil juga dapat ditanam di pot kecil, sehingga dapat disimpan di ruangan dalam rumah.

5. MINYAK KAYU PUTIH DAN LEMON.

Campuran minyak kayu putih dan lemon direkomendasikan oleh CDC (Center for Disease Control) sebagai cara mengusir nyamuk secara alami. Lemon dan minyak kayu putih mengandung zat aktif yang memiliki sifat antiseptik dan penolak serangga ketika diterapkan pada kulit. Caranya: campurakan minyak kayu putih dan tetesan lemon dalam proporsi yang sama, oleskan pada tubuh anda. Selamat mencoba.

6. BAWANG PUTIH

Bawang putih adalah obat alami yang efektif untuk membunuh nyamuk dan mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh binatang ini. Anda mungkin tidak suka bau bawang, tapi karena baunyalah mengapa nyamuk menjauh. Bau kuat dan pedas dari bawang putih mencegah gigitan nyamuk dan mencegah mereka memasuki rumah anda. Caranya: sianpkan beberapa potong bawang putih, lalu rebus dalam air mendidih. Masukkan air rebusan tersebut ke dalam botol semprotan. Lalu semprotkan air bawang putih tersebut dalam ruangan/kamar. Jika anda tidak bermasalah dengan bawang putih, anda juga bisa menerapkannnya langsung ke kulit anda.

7. BUBUK KOPI

Cara sederhana untuk mengusir nyamuk adalah dengan bubuk kopi. Caranya pun sangat mudah, yakni taburkan bubuk kopi di area rumah dan sekitarnya yang memiliki genangan air. Telur nyamuk yang ada dalam air genangan tersebut akan muncul ke permukaan air karena bubuk kopi. Ketika telur nyamuk menempel di bubuk kopi dan naik ke permukaan, mereka akan kehilangan oksigen. Cara ini akan menghambat benih nyamuk menetas dan mencegah nyamuk berkembang biak. Sederhana bukan?

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Selain beberapa bahan alami yang telah disebutkan diatas, ada beberapa cara/penemuan unik yang bisa anda lakukan sebagai cara ampuh mengusir nyamuk, antara lain :

8. KAPUR BARUS

Cara mengusir nyamuk dengan menggunakan kapur barus / kamper. Caranya: Siapkan terlebih dahulu satu gelas air. Kemudian masukkan beberapa butir kapur secukupnya. Cukup letakkan gelas yang berisi air dan kapur barus di sudut ruangan anda atau di bawah meja dan tempat tidur.

9. Mengusir Nyamuk dengan Suara Ultrasonik

Sudah tahukah anda bahwa nyamuk tidak tahan dengan bunyi tertentu? Yakni gelombang ultrasonik, gelombang suara dengan frekuensi di atas 20 kiloHertz yang bisa didengar oleh berbagai serangga termasuk nyamuk. Dengan mendengar gelombang ultrasonik tersebut, nyamuk akan terganggu dan akan segera menyingkir. Cara ini sudah banyak diadaptasi oleh penemuan-penemuan baru, anda langsung dapat memakainya. Salah satu penemuan alat pengusir nyamuk adalah robot O-Mos, temuan mahasiswa UGM, yang berupa lampu hias.

Cara memakainya sangat mudah, karena robot O-Mos akan berputar sampau 180 derajat dan memancarkan suara ultrasonik. Dengan mengaktifkan robot O-Mos, nyamuk akan segera menghindar. Penemuan yang lain adalah berupa aplikasi bernama AntiGnat. Aplikasi berbasis java ini penggunaannya sangat mudah, cukup dengan mendownload, lalu install, dan aktifkan aplikasinya saat nyamuk mendekati anda.

Dengan cara mengusir nyamuk dengan menggunakan bahan alami di atas, anda tak perlu lagi menggunakan obat anti nyamuk yang dapat berakibat buruk bagi kesehatan, kan? Sehingga selain kesehatan dan keluarga lebih terjaga, nyamuk pun juga akan menghindar dari sekitar anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *