10 Cara Mengobati Sakit Maag Secara Alami

Cara Mengobati Sakit Maag – Salah satu penyakit yang sering dijumpai adalah radang lambung atau biasa dikenal maag. Maag yang seringkali muncul karena pola makan tidak teratur, adalah reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yang ditandai oleh panas, bengkak, nyeri dan gangguan fungsi organ tubuh yang akut dari lambung.

Cara Mengobati Sakit Maag Secara Alami

10 Cara Mengobati Sakit Maag Secara Alami

Saat ini banyak ditemukan bahan-bahan alami yang dapat mengobati maag, sehingga ketergantungan terhadap obat dapat anda kurangi. Beberapa bahan alami tersebut antara lain:

1. Daun Jambu Biji
Obat maag tradisonal yang pertama adalah daun jambu biji. Produk obat maag terkenal, rata-rata mengusung daun jambu biji sebagai kandungan utamanya. Namun anda dapat meramu sendiri obat alami daun jambu biji, yang caranya adalah dengan mempersipkan 8 -10 lembar daun jambu biji yang masih segar. Daun jambu biji tersebut kemudian dicuci bersih, lalu direbus dalam 1,5 liter air hingga mendidih. Tunggu hingga mendingin, lalu saring dan hasil cairannya dapat langsung diminum. Untuk hasil maksimal, minum secara rutin 3 kali sehari.

2. Daun Salam
Meski lebih terkenal sebagai penyedap masakan, ternyata daun salam juga dapat mengatasi maag. Caranya, cukup dengan merebus 15-20 lembar daun salam dalam setengah liter air mendidih. Agar rasanya lebih dapat diterima lidah, tambahkan gula batu secukupnya. Dengan air rebusan tersebut, minum setiap hari hingga rasa perih di lambung hilang.

3. Kunyit
Cara mengobati maag yang berikutnya menggunakan kunyit. Kandungan curcumin dalam kunyit merupakan zat yang memiliki manfaat paling efektif untuk membantu mencegah serta memperbaiki luka pada lambung. Caranya adalah siapkan rimpang kunyit sebanyak 1-2 buah. Rebus dengan menggunakan 2 gelas air, tambahkan gambir dan juga kapur sirih secukupya. Setelah itu rebuslah dengan menggunakan 1 gelas air, hingga langkah terakhir yakni saring airnya dan langsung dapat diminum.

4. Biji Pala
Cukup dengan 1 gram serbuk biji pala, 86 gram serbuk buah pisang batu diseduh dalam 100 ml air bersih, anda sudah dapat membuat ramuan untuk sakit maag anda. Minum secara teratur selama 30 hari agar pengobatan maksimal.

5. Daun Keji Beling
Jika anda yang belum tahu, daun keji beling adalah tanaman pagar yang biasa ada di pedesaan untuk membatasi perkebunan atau tanah. Namun dengan menyediakan 3 lembar daun keji beling segar, dan digunakan sebagai lalapan, anda dapat menyembuhkan maag anda. Cara ini akan berhasil jika dilakukan secara teratur.

6. Temulawak
Temulawak, yang merupakan salah satu bahan utama jamu tradisional, memang banyak memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Tak terkecuali untuk maag. Caranya cukup dengan 1 rimpang temulawak diiris tipis- tipis dan dianginkan-anginkan sebentar. Kemudian direbus dengan 5-7 gelas air hingga mendidih. Tunggu hingga dingin, lalu saring dan diminum sekali sehari dengan takaran 1 gelas.

7. Pisang
Untuk perawatan lambung, pisang baik yang sudah matang dan masih mentah sangat efektif. Pisang mengandung senyawa antibakteri yang menghambat pertumbuhan kuman penyebab sakit maag. Pisang juga melindungi sistem pencernaan dengan mengurangi kadar keasaman cairan lambung dan membantu mengurangi peradangan serta memperkuat lapisan lambung. Untuk mengobati sakit maag, makan setidaknya tiga buah pisang dalam sehari.

8. Madu
Madu merupakan obat dari segala penyakit, khususnya dalam mengatasi sakit maag. Madu mengandung zat antibakteri dan glukosa oksidase, enzim dalam madu, yang menghasilkan hidrogen peroksida, berfungsi membunuh bakteri berbahaya yang berkontribusi terhadap pembentukan penyakit maag. Anda bisa mengkonsumsi madu dua sendok makan dalam sehari sampai gejala sakit maag anda berkurang, dan menguranginya 1 sendok makan dalam sehari.

9. Kubis
Kubis mengandung asam laktat yang membantu menghasilkan asam amino dan merangsang aliran darah ke lapisan lambung. Hal ini dapat membantu memperkuat lapisan lambung dan mengatasi penyakit maag. Caranya: siapkan kubis segar dan wortel. Potong setengah kubis mentah dan satu wortel yang telah anda potong kecil-kecil. Blender dan jadikan jus. Minum secangkir jus tersebut sebelum makan dan pada saat menjelang tidur. Ulangi setiap hari selama beberapa minggu.

10. Kelapa
Obat maag alami yang terakhir adalah menggunakan kelapa. Kelapa dan air kelapa sangat baik untuk orang-orang yang menderita radang lambung. Kelapa mengandung Anti-Ulcer Properties dan anti bakteri yang membantu menyingkirkan mikroorganisme penyebab sakit maag. Minum 2 gelas air kelapa segar setiap hari. Lakukan hal tersebut setidaknya satu minggu untuk mendapatkan hasil yang positif.

Cara Mengatasi Maag Datang Kembali

Selain cara mengobati sakit maag secara alami seperti di atas, anda juga perlu memerhatikan pola hidup sehat. Beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam usaha menyembuhkan maag dan mencegah sakit maag datang kembali, yaitu antara lain:

  • Batasi asupan lemak tinggi, karena lemak tinggi akan memperlambat pengosongan lambung.
  • Biasakan duduk tegak setelah makan. Karena hal tersebut berpengaruh pada aliran makanan. Dengan duduk tegak, sebagian besar makanan dalam lambung telah masuk ke dalam usus kecil sehingga tak lagi kembali ke esofagus (saluran lambung)
  • Kurangi kebiasaan merokok. Hal ini dikarenakan rokok dalam meningkatkan refluk asam dan mengeringkan air liur. Padahal air liut membantu melindungi esofagus.
  • Hindari stres. Beberapa hasil penelitian menunjukkan stres merupakan faktor penyebab maag.

Dengan memperhatikan tips di atas, serta cara mengobati sakit maag secara alami dengan temulawak, daun jambu biji dll, semoga anda akan terhindari dari maag yang mengganggu kesehatan anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *