10 Cara Mengobati Panas Dalam Secara Alami Dan Cepat

Cara Mengobati Panas Dalam – Panas dalam merupakan salah satu gangguan kesehatan di sekitar tenggorokan dan mulut yang sering dialami orang, bahkan semua orang cenderung pernah mengalaminya. Penyakit ini cenderung wajar. Namun meskipun wajar, panas dalam ini sangat mengganggu kenyamanan dan cenderung mempengaruhi mood dalam beraktivitas. Panas dalam ini memiliki jenis gangguan yang berbeda-beda seperti sakit tenggorokan, sariawan, dan bibir pecah-pecah yang tak hanya menyerang kalangan dewasa saja, akan tetapi penyakit ini dapat menyerang semua kalangan dari anak-anak hingga dewasa. Penyebab panas dalam sendiri sebenarnya bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti kurangnya asupan vitamin c ataupun air dalam tubuh, mengkonsumsi makanan pedas dan lain sebagainya.

cara mengobati panas dalam

Cara Mengobati Panas Dalam

Nah bagi anda yang sedang mencari cara mengatasi panas dalam, berikut beberapa tips mengobatinya secara alami menggunakan bahan tradisional yang mudah anda dapatkan. Selain aman untuk kesehatan, bahan alami memang merupakan pilihan terbaik dalam mengatasi masalah panas dalam. Berikut ini beberapa cara mengobati panas dalam secara alami dan aman, antara lain :

1. Garam Dapur
Cara menyembuhkan panas dalam yang pertama adalah dengan menggunakan garam. Garam bekerja seperti antiseptik dan membantu menarik air dari selaput lendir di tenggorokan. Garam memotong dahak dan mengurangi peradangan. Cara penggunaanya sangat simpel dan mudah sekali. Anda hanya perlu melarutkan garam secukupnya dalam segelas air. Setelah itu, gunakan larutan air garam tersebut untuk berkumur. Lakukan selama kurang lebih 2 hingga 5 menit. Setelahnya anda bisa berkumur dengan menggunakan air bersih. Lakukan secara rutin hingga panas dalam anda mereda.

2. Madu dan Lemon
Selanjutnya, manfaatkan madu dan lemon untuk menyembuhkan panas dalam. Sejak dulu, madu memang dikenal sebagai salah satu bahan alami yang sangat baik untuk kesehatan. Selain itu, lemon juga sangat baik untuk mengatasi tenggorokan yang sakit. Nah untuk cara membuat ramuannya, anda hanya perlu mencampurkan madu murni sebanyak satu sendok dengan segelas air hangat. Lalu tambahkan perasan lemon secukuonya. Setelah itu, minum sampai habis untuk mengatasi iritasi pada tenggorokan anda.

3. Kacang Hijau
Ramuan alami selanjutnya yang bisa anda buat adalah dengan menggunakan bahan utama kacang hijau. Untuk cara membuatnya, pertama-tama rebus kacang hijau sebanyak 2 genggam atau secukupnya saja dalam air hingga mendidih. Tambahkan jahe sebanyak 2 ruas dan juga gula batu secukupnya. Setelah mendidih, saring airnya lalu dinginkan. Minum ramuan tersebut 2 kali dalam sehari agar panas dalam anda mereda dengan cepat. Atau anda juga bisa membuat minuman jahe atau yang dikenal dalam masyarakat jawa dengan sebutan wedang jahe. Cara membuatnya, anda bisa merebus jahe dengan 2 gelas air sampai mendidih. Tambahkan juga gula untuk membuat rasanya menjadi nikmat. Saring dan minum selagi hangat. Selain menghangatkan tubuh, wedang jahe ini juga bisa mengatasi masalah panas dalam.

4. Cuka Sari Apel
Cuka sari apel sangat membantu untuk mengobati panas dalam karena sifat antibakteri. Caranya: Campurkan satu sendok makan cuka sari apel dan satu sendok teh tetesan lemon dan madu ke segelas air hangat dan minuman perlahan-lahan. Lakukan hal ini dua atau tiga kali sehari. Anda juga dapat membuat obat kumur dengan cuka sari apel. Caranya: campur satu sendok teh garam dan satu sendok makan cuka sari apel dalam satu cangkir air hangat. Berkumur dengan campuran tersebut beberapa kali sehari.

5. Bawang Putih
Bawang putih memiliki kandungan antibakteri dan antiseptik yang dapat membantu mengobati panas dalam. Caranya cukup mudah, makan siung bawang putih mentah setiap hari untuk melepaskan kimia yang dikenal sebagai allicin yang membantu membunuh bakteri penyebab panas dalam. Atau anda dapat menggunakan minyak bawang putih. Tambahkan beberapa tetes minyak bawang putih ke seperempat cangkir air dan berkumurlah sekali sehari. Jika anda tidak suka bau bawang putih, tambahkan ke dalam masakan anda.

6. Madu
Selain bisa digunakan mengatasi wajah kusam, madu juga ampuh untuk mengobati panas dalam. Madu memiliki sifat antibakteri, yang dapat melawan infeksi dan mempercepat proses penyembuhan. Madu juga bekerja seperti hipertonik osmotik, yang membantu menarik air dari jaringan yang meradang, dengan demikian mengurangi pembengkakan. Caranya: tambahkan satu atau dua sendok makan madu untuk satu cangkir air panas dan minum beberapa kali sehari. Sebelum tidur, makan satu sendok teh madu karena akan memberikan bantuan menenangkan panas dalam dan membantu tidur lebih nyenyak.

7. Kunyit
Obat panas dalam alami berikutnya adalah kunyit, yang memiliki sifat antiseptik dan anti-inflamasi yang kuat. Caranya: campur satu-seperempat sendok teh bubuk kunyit ke dalam segelas air hangat. Minum pagi hari saat perut kosong. Lakukan hal ini selama 4-5 hari. Atau anda dapat menambahkan satu sendok teh bubuk kunyit dan satu sendok teh merica hitam ke segelas susu hangat dan minum sebelum tidur. Selamat mencoba.

8. Seafood
Selain itu, anda juga bisa mengkonsumsi langsung beberapa makanan atau buah yang sangat baik dalam meredakan panas dalam seperti seafood. Seafood sendiri memiliki kandungan taurin yang dapat mengatasi masalah naiknya asam lambung yang menjadi salah satu penyebab panas dalam.

9. Pisang Sunrise
Anda dapat membelinya di supermarket. Pisang sunrise ini memang dikenal sangat baik untuk kesehatan tubuh seperti melancarkan saluran pencernaan dan menghilangkan panas dalam.

10. Konsumsi Vitamin C
Cara mengobati panas dalam yang terakhir yakni dengan memperbanyak konsumsi vitamin c, yang bisa anda temukan dalam beberapa buah seperti jeruk misalnya. Dengan rutin mengkonsumsinya, maka panas dalam anda akan berlangsung mereda.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa anda gunakan untuk membuat ramuan penyembuh panas dalam. Cara mengobati panas dalam secara alami ini tentu bisa anda coba tanpa khawatir akan efek samping berbahaya yang bisa ditimbulkannya. Selain itu, anda sebaiknya meminum ramuan tersebut secara rutin agar panas dalam anda cepat mereda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *