8 Cara Menghilangkan Uban Secara Alami di Usia Muda

Cara Menghilangkan Uban – Uban merupakan rambut putih yang tumbuh di kulit kepala seiring pertambahan usia. Untuk itu, uban merupakan hal yang normal dan wajar, seringkali disebut dengan salah satu tanda usia yang tidak lagi muda. Namun meskipun begitu, terkadang pertumbuhan uban juga seringkali dialami oleh mereka yang masih berada di usia muda. Hal ini tentu sangat mengganggu kenyamanan karena bisa mengurangi rasa percaya diri dalam berpenampilan. Faktor tumbuhnya uban sendiri bisa disebabkan oleh berbagai macam penyebab seperti faktor genetik, faktor stres, rambut yang keseringan diwarnai atau disemir, serta faktor penggunaan shampo yang tidak cocok dengan rambut. Anda mengalaminya? Tak perlu khawatir. Disini kami akan berikan beberapa alternatif cara menghilangkan uban secara alami untuk anda.

cara menghilangkan uban

Cara Menghilangkan Uban

Dalam mengatasi masalah uban, cara yang alami tentu lebih dianjurkan karena lebih aman dan jauh dari efek samping. Selain itu, penggunaan produk-produk rambut yang beredar di pasaran juga tidak selalu terjamin keamanannya. Alih-alih uban hilang, anda justru bisa mendapatkan masalah baru, misalnya rambut rontok, rambut bercabang, dll. Untuk itu, menghilangkan uban dengan bahan-bahan alami tentu saja merupakan pilihan yang terbaik. Berikut ini beberapa cara menghilangkan uban secara alami, yakni antara lain :

1. Minyak Kelapa dan Lemon
Pertama, minyak kelapa dan lemon. Minyak kelapa dan lemon memang dikenal sangat baik dalam mengatasi masalah-masalah rambut, dan uban adalah salah satunya. Cara penggunaannya, peras lemon lalu campurkan air perasan tersebut dengan minyak kelapa. Selanjutnya campuran tersebut bisa anda balurkan ke seluruh rambut anda sambil dipijat-pijat dengan perlahan. Diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, bilas menggunakan air bersih. Lakukan secara rutin dan teratur setiap hari.

2. Kemiri
Kemudian bahan kedua adalah kemiri. Seperti halnya minyak kelapa dan lemon, kemiri juga dikenal sangat baik untuk kesehatan rambut. Nah untuk menghilangkan uban dengan kemiri, caranya sangat mudah. Anda hanya perlu menumbuk beberapa biji kemiri sampai mengeluarkan minyak. Setelah itu, gunakan minyak tersebut untuk mengolesi seluruh rambut anda. Diamkan selama beberapa menit lalu keramaslah sampai bersih. Lakukan secara rutin untuk hasil terbaik.

3. Teh Pekat/Hitam
Cara mengatasi uban selanjutnya adalah menggunakan teh pekat atau teh hitam. Teh pekat ini merupakan salah satu bahan alami yang telah dipercaya banyak orang untuk mengatasi masalah uban yang cukup banyak tumbuh di kulit kepala. Untuk cara penggunaannya, siapkan segelas teh pekat lalu tambahkan garam secukupnya saja. Selanjutnya, teh pekat tersebut diembunkan selama semalaman di luar ruangan. Esoknya, gunakan teh pekat yang telah diembunkan tersebut untuk diusapkan ke seluruh rambut anda sambil dipijat secara perlahan. Kemudian diamkan selama kurang lebih satu jam. Setelahnya, bilas menggunakan air hingga bersih. Anda bisa melakukannya sekali dalam seminggu.

4. Biji Pepaya
Selain itu, cara alami menghilangkan uban juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan biji pepaya. Caranya, ambil semua biji dalam satu pepaya matang lalu sangrai semuanya. Setelah itu, tumbuk biji pepaya hingga halus. Selanjutnya, tambahkan minyak kelapa pada tumbukan biji pepaya tersebut secukupnya saja. Aduk-aduk sampai kedua bahan tersebut tercampur rata. Balurkan ke seluruh rambut anda, lalu diamkan selama kurang lebih 1 jam. Setelah itu, bersihkan dengan menggunakan air.

5. Bawang Merah
Bawang merah adalah sumber yang kaya mineral dan nutrisi seperti biotin dan belerang yang sangat penting untuk pertumbuhan rambut sehat, mengkilap dan kuat. Selain ampuh untuk menghilangkan kutu rambut, bawang merah juga bisa digunakan untuk menyingkirkan uban. Caranya: Buat jus bawang merah. Kupas bawang merah, tambahkan air secukupnya dan blender. Lalu terapkan jus secara merata ke rambut dan kulit kepala. Biarkan selama 40 menit, lalu bilas dengan air bersih. Jika anda tidak suka bau bawang, anda bisa menambahkan cendana untuk menutui baunya.

6. Kopi Sebagai Pewarna Rambut
Bagi anda yang ingin mewarnai rambut secara alami, anda bisa menggunakan kopi. Meskipun hal ini tidak memberikan hasil yang permanen, namun kopi bermanfaat memperkuat dan memberikan nutrisi pada rambut. Caranya: Buat secangkir kopi murni tanpa gula, lalu biarkan dingin. Setelah dingin, tuang merata ke rambut anda disertai pijatan hingga ke akar rambut. Lalu tutup rambut anda dengan penutup kepala, biarkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan hal ini dua kali dalam seminggu.

7. Wortel dan Minyak Wijen
Menurut pengobatan tradisional Cina, wijen sangat efektif dalam mengatasi masalah rambut beruban. Hal ini diyakini bahwa dalam biji wijen mendorong aktivitas melanosit yang memproduksi melanin. Caranya: siapkan minyak wijen dan jus wortel dengan komposisi yang sama. Lalu campurkan minyak wijen dan jus wortel ke sebuah wadah. Simpan campuran tersebut selama 21 hari (tidak boleh terkena sinar matahari). Setelah siap, oleskan campuran minyak wijen dan wortel tersebut ke area beruban di rambut anda. Lakukan hal ini setidaknya 3 bulan, lalu lihat hasilnya.

8. Daun Rambutan
Terakhir, anda juga bisa memanfaatkan daun rambutan sebagai cara mengatasi rambut beruban. Caranya, tumbuk halus daun rambutan yang telah dicuci bersih. Setelah itu, tambahkan sedikit air ke daun yang telah ditumbuk tadi. Peras lalu balurkan air perasan tersebut ke seluruh rambut anda. Diamkan selama kurang lebih setengah jam lalu bias dengan air bersih.

Demikian beberapa cara menghilangkan uban secara alami yang bisa anda coba praktekkan di rumah. Untuk hasil yang cepat dan baik, sebaiknya anda melakukannya secara rutin dan teratur. Yang perlu anda ingat adalah tips ini bisa dipraktekkan hanya untuk uban yang muncul di usia muda bukan uban yang memang karena usia. Sekian dan selamat mencoba.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *