9 Cara Menghilangkan Sakit Hati Dengan Mudah

Cara menghilangkan sakit hati – Pernahkah anda merasakan sakit hati yang mendalam? Sakit hati terhadap pacar, teman, sahabat, rekan kerja, atasan atau bahkan saudara. Sakit hati memang bukan hal yang sepele, apalagi sakit hati tersebut dibuat oleh orang yang selama ini kita sayang, orang yang sudah kita perjuangkan. Efek yang ditimbulkan dari sakit hati bisa bermacam-macam, mulai stres berkepanjangan, frustasi, emosi labil, depresi, sakit fisik bahkan ada yang sampai merenggut nyawa karena bunuh diri. Sakit hati bisa disebabkan beberapa hal antara lain perselingkuhan, penghianatan, penghinaan, penipuan dan lainnya.

cara menghilangkan sakit hati

Cara Menghilangkan Sakit Hati

Hampir semua orang pernah merasakan sakit hati, tentu dengan kadar yang berbeda-beda. Nah buat anda yang sedang sakit hati, anda bisa mencoba hal positif berikut ini untuk menghilangkan rasa sakit hati anda.

1. Menangislah! 
Cara menghilangkan sakit hati yang pertama adalah dengan mengeluarkan semua rasa kesal dan kecewa, dengan cara menangis. Jika dengan menangis bisa membuat anda merasa plong, maka menangislah sekeras mungkin. Menangis bukan berarti kita lemah, tapi itu sebagai bentuk kita meluapkan segala rasa sakit hati. Terlebih bagi perempuan, yang lebih menggunakan perasaan daripada logika, dalam mengatasi semua masalah. Pria pun tidak haram untuk menangis, anda tidak perlu malu atau merasa lemah jika itu dapat membuat hati anda lega.

2. Menyibukkan Diri
Dengan membuat diri anda semakin sibuk, maka sakit hati akan sedikit demi sedikit hilang. Tidak perlu terlalu memikirkan orang yang membuat anda sakit hati, lakukanlah beberapa hal yang anda sukai. Seperti memasak, nonton film, karaoke, hangout sama teman, travelling, dan lain sebagainya. Dengan begitu segala pikiran anda tentang orang tersebut akan hilang, secara perlahan.

3. Curhat
Cara ini memang sering dilakukan oleh perempuan namun tak jarang pria juga melakukan hal yang sama. Curhat bisa anda lakukan pada teman terdekat, sahabat, saudara, orang tua atau orang yang anda percayai. Luapkan segala rasa sakit hati anda, ceritakan semua yang terjadi pada lawan curhat. Saya yakin, teman curhat akan memahami kondisi anda. Terlebih lagi biasanya teman curhat akan memberikan nasehat, solusi atau hiburan agar tidak pusing memikirkan orang yang telah menyakiti anda.

4. Bernyanyilah
Menurut ahli psikolog, menyanyi merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa stres. Anda bisa pergi bernyanyi ke tempat karaoke atau menyanyi di kamar sendiri. Pilihlah lagu yang bisa membuat semangat anda muncul kembali, jangan memilih lagu yang bertema galau dan sedih. Anda bisa bernyanyi sambil teriak-teriak, jika itu bisa membuat anda menjadi nyaman kembali.

5. Tertawa
Selain bernyanyi, tertawa juga dapat melepaskan diri anda dari ketegangan psikologis dan stres. Ada banyak cara untuk membuat anda tertawa, misalnya menonton film komedi atau cari video-video lucu di youtube. Anda juga bisa pergi keluar bareng teman-teman anda yang humoris. Tertawa akan mengeluarkan energi negatif dalam diri anda. Jadi tertawalah sepuasnya !

6. Tulis Diary
Cara ini sudah sejak lama dilakukan, jauh sebelum adanya sosial media, yaitu menulis semua curahan hati di buku diary. Tulislah semua bentuk rasa sakit hati anda ke selembar kertas. Jika anda kreatif, anda bisa membuat tulisan tersebut dalam bentuk puisi. Lalu ikutkan puisi anda tersebut dalam perlombaan, siapa tau menang. Cara ini selain bisa membuat anda tenang, juga bisa memberi manfaat lo.

7. Liburan
Melakukan liburan merupakan salah satu cara menghilangkan sakit hati, tak perlu berlibur ke luar negeri yang sangat mahal. anda bisa berlibur ke tempat-tempat menarik yang belum pernah anda singgahi, seperti Pulau Bali, Lombok, atau bahkan tempat hiburan yang dekat dengan rumah. Jangan pergi ke tempat yang pernah anda singgahi bersama orang yang telah menyakiti anda, itu malah justru membuat anda mengingat kejadian yang telah lalu, mengingat apa yang telah orang tersebut lakukan terhadap anda.

8. Olahraga
Sakit hati membuat kita memikirkan hal tersebut terus menerus. Pagi, siang bahkan menjelang tidur. Anda susah tidur karena terus menerus merasakan sakit yang anda alami. Untuk mengatasi hal ini, cobalah berolahraga sederhana, misal bersepeda, jalan kaki, lari-lari kecil, yoga, dan olahraga lainnya. Selain menyehatkan, dengan berolahraga, tidur anda akan lebih mudah dan lebih nyenyak.

9. Beri Ucapan Terima Kasih
Cara menghilangkan sakit hati yang terakhir adalah beri ucapan terima kasih karena selama ini telah menjadi orang yang pernah anda kenal, meskipun anda dikecewakan. Mungkin dengan melakukan cara ini, hati anda bisa plong kembali. Karena jika anda terus-terusan sakit hati, maka bisa jadi orang tersebut akan merasa sombong, dia akan beranggapan bahwa anda tidak bisa lepas darinya. Paling tidak ucapan terima kasih akan membuka pikiran bahwa anda telah diberikan pengalaman berharga dalam hidup.

Sakit hati memang bisa menorehkan luka yang mendalam, apalagi dibuat oleh orang yang kita sayangi. Semoga cara menghilangkan sakit hati diatas bisa membantu anda melupakan masa lalu dan kejadian yang menyakitkan yang anda alami. Yang patut anda ingat, tetaplah melakukan hal yang sehat dan positif, hindari perilaku yang bisa memperparah keadaan, misalnya menggunakan alkohol dan menyakiti diri sendiri. Move ON Bro!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *