11 Cara Menghilangkan Rasa Malas Dengan Mudah

Cara menghilangkan rasa malas – Rasa malas merupakan rasa yang sering muncul pada diri setiap manusia, yang bersifat umum dan alami bagi setiap orang. Tidak hanya dialami oleh pelajar atau mahasiswa, pada saat bekerja pun kita sering dihinggapi rasa malas. Rasa malas bisa mengganggu proses dari suatu pekerjaan atau kegiatan yang harus kita lakukan. Rasa malas tentu saja tidak bisa kita anggap sepele, karena akan menjadi kebiasaan dalam kehidupan kita. Agar kita dapat belajar dan belajar bekerja secara efektif, hidup sukses dan prestasi tercapai maka kita harus belajar bagaimana mengatasi rasa malas.

cara menghilangkan rasa malas

Cara Menghilangkan Rasa Malas

Berikut ini 11 tips dan cara menghilangkan perasaan malas yang bisa anda coba, yaitu antara lain :

1. Lihatlah Manfaat yang Diperoleh
Perasaan malas terkadang muncul karena adanya kesulitan. Siswa tidak mau mengerjakan PR karena merasa kesulitan. Seorang karyawan merasa sulit menghadapi pekerjaannya. Akibatnya perasaan malaspun muncul. Nah salah satu cara menghilangkan rasa malas ini, anda harus merubah pandangan, bahwa hasil belajar atau pekerjaan yang sulit, kelak akan memberikan manfaat yang besar ketika sudah terselesaikan. Sehingga dengan itu, perasaan malas anda akan hilang.

2. Rasa lapar dan Lakukan Olahraga
Salah satu perasaan malas muncul, karena asupan energi untuk melakukan aktivitas masih belum cukup. Pastikan anda kenyang saat hendak melakukan pekerjaan. Selain asupan energi, olahraga akan membuat tubuh anda segar dan sehat. Tubuh yang segar akan meningkatkan produktifitas dan menghindarkan kita dari rasa malas.

3. Memberi Reward Pada Diri Sendiri
Cara menghilangkan rasa malas berikutnya adalah memberi hadiah pada diri sendiri. Jika pekerjaan anda belum terselesaikan, maka anda tidak boleh bersantai. Maka untuk menghilangkan rasa malas yang akan muncul, janji pada diri sendiri untuk memberikan hadiah jika pekerjaan tersebut selesai. Hadiah bisa berupa bersantai, liburan, nonton film sepuasnya, hang out bareng teman dan makan makanan favorit.

4. Cari Teman atau Partner
Selain kesulitan, perasaan malas juga bisa muncul karena tidak adanya seorang teman atau partner. Teman atau partner disini berperan sebagai pemberi motivasi pada anda agar tidak malas lagi. Selain motivasi, peran teman dalam membantu pekerjaan anda mungkin bisa diandalkan. Pekerjaan yang dikerjakan bersama-sama tentu terasa lebih mudah bukan.

5. Melihat Kesuksesan Orang Lain
Motivasi dari diri sendiri saja masih belum cukup, anda masih membutuhkan motivasi dari luar, seperti dengan melihat kesuksesan atau prestasi orang lain. Terkadang ada orang yang malas mengerjakan sesuatu, karena mereka beranggapan bahwa pekerjaannya tidak akan membawa kesuksesan/prestasi di masa depan. Oleh sebab itu, anda perlu melihat orang lain yang sukses di bidang yang sama dengan pekerjaan anda. Perhatikan hal apa saja yang perlu diperbaiki dan jadikanlah orang tersebut sebagai motivasi.

6. Istirahat Cukup
Tidak memiliki waktu istirahat yang cukup, juga bisa menjadi pemicu timbulnya rasa malas. Kok bisa ? Sekarang bagaimana anda bisa antusian mengerjakan sesuatu, kalau anda merasa lelah dan ngantuk. Oleh sebab itu gunakan waktu istirahat yang ada sebaik mungkin. Cobalah hargai waktu anda, jangan biarkan waktu terbuang sia-sia. Hindari begadang.

7. Ciptakan Target Waktu
Dengan menciptakan target waktu, mungkin rasa malas akan hilang karena tiap kali anda merasa diburu oleh waktu. Menyelesaikan sesuatu lebih cepat dari target waktu lebih baik daripada terlambat. Karena waktu yang tersisa bisa anda gunakan untuk bersantai dan mengerjakan aktifitas yang lain.

8. Bagi Tugas Besar Menjadi Tugas Kecil
Dengan membagi tugas besar menjadi beberapa tugas kecil, akan terasa lebih mudah daripada langsung mengerjakan tugas besar sekaligus. Biasanya rasa malas itu bisa muncul, karena adanya jumlah tugas atau pekerjaan yang besar. Untuk itu anda perlu membaginya dalam bentuk yang lebih kecil. Anda bisa mengerjakannya sedikit demi sedikit tiap harinya, dengan catatan tidak melampaui target waktu yang dibutuhkan.

9. Tantang Diri Sendiri
Buatlah tugas atau pekerjaan yang berat menjadi menyenangkan dan menganggapnya sebagai sebuah tantangan. Ketika anda menganggap pekerjaan adalah sebuah tantangan, ketika sudah terselesaikan akan muncul kebanggaan tersendiri pada diri anda.

10. Melakukan Satu Hal dalam Sekali Waktu
Bagi sebagian orang cara ini mungkin cukup ampuh namun tidak disarankan. Ya, anda bisa menyelesaikan suatu pekerjaan dalam satu waktu. Karena jika tidak selesai saat itu juga anda akan tambah sulit menyelesaikannya. Hal ini biasa dilakukan pelajar dan mahasiswa, yang baru belajar ketika mendekati ujian. Mungkin efektif bagi sebagian orang, namun susah dilakukan bagi sebagian lainnya.

11. Pikirkan Konsekuensi
Coba anda berpikir dan bayangkan tentang apa yang akan terjadi jika pekerjaan anda tidak selesai. Misalnya tidak naik kelas, tidak lulus ujian atau dipecat oleh atasan. Berpikir tentang konsekuensi atau akibat yang muncul dapat mendorong anda untuk mengambil tindakan dan menghindari rasa malas.

Nah itulah beberapa cara menghilangkan rasa malas yang bisa anda terapkan pada kehidupan sehari-hari. Selamat mencoba, semoga rasa malas anda cepat hilang.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *