10 Cara Menghilangkan Cegukan Secara Alami dan Mudah

Cara Menghilangkan Cegukan – Cegukan secara medis bisa diartikan sebagai kejang-kejang yang menimbulkan kontraksi pada bagian diafragma. Kejang-kejang itu menyebabkan tertutupnya pita suara yang terletak pada bagian tenggorokan secara cepat sehingga bisa menimbulkan suara. Hal ini tentunya sangat mengganggu aktivitas anda apalagi jika sedang bekerja dan berbincang-bincang. Nah, melalui artikel ini kami akan mengulas cara menghilangkan cegukan secara alami.

cara menghilangkan cegukan

PENYEBAB CEGUKAN

Ada berbagai penyebab kenapa anda mengalami cegukan, dari hal yang sederhana sampai dengan adanya gangguan yang serius. Berikut ini penyebab cegukan, antara lain :

  • Peregangan perut setelah makan atau minum
  • Emosional yang mendadak (Kegembiraan, kesedihan, dll)
  • Perubahan mendadak suhu udara (misalnya; kedinginan)
  • Makanan dan minuman yang panas atau dingin
  • Mengkonsumsi alkohol atau merokok secara berlebihan
  • Sakit maag atau asam lambung
  • Kondisi sakit serius. Misalnya; infeksi diafragma, hiatus hernia, infeksi otak atau tumor, gagal ginjal berat, dll

Cara Menghilangkan Cegukan Secara Alami

Cegukan yang bersifat umum dan tidak membahayakan memang tidak perlu menggunakan obat-obatan. Berikut adalah cara mengatasi cegukan secara alami dan mudah yang bisa anda lakukan, mari kita simak bersama.

1. Minum Air Putih Hangat
Minum air putih merupakan cara yang umum ketika kita terserang cegukan. Jika mengalami cegukan, segeralah ambil segelas air putih yang agak hangat kemudian minum hingga habis. Air hangat mampu melancarkan aliran darah di dalam oksigen. Dalam meminum airnya ada beberapa tahapan yakni:

  • Air hangat diminum sampai rongga mulut penuh dengan air
  • Bungkukkan badan
  • Ambil nafas dan tutup hidung dengan jari tangan
  • Posisikan badan menjadi tegak diikuti dengan meminum air secara perlahan-lahan.

Cara menghilangkan cegukan dengan air putih juga bisa anda lakukan dengan menutup telinga dengan jari anda. Siapkan segelas air dan sedotan. Tutup telinga dengan dua jari anda sambil minum air lewat sedotan.

2. Menahan Nafas
Selain dengan meminum air hangat, cara berikutnya yang bisa dilakukan yakni dengan cara menahan nafas sejenak. Hal ini dilakukan karena jumlah karbondioksida dalam tubuh meningkat, sehingga anda perlu mengeluarkannya. Adapun teknik yang bisa anda lakukan yakni :

  • Tarik nafas
  • Sediakan kantong plastik untuk menampung nafas anda
  • Masukkan mulut dan hidung anda ke dalam kantong plastik tersebut
  • Dengan masuknya mulut dan hidung ke dalam kantong plastik, bisa membuat kadar karbondioksida dalam tubuh berkurang

3. Menggunakan Minyak Kayu Putih
Kandungan kayu putih yang di dalamnya terdapat zat atsiri dan juga sensasi rasa panas bisa menghilangkan cegukan anda. Adapun cara untuk menghilangkan cegukan dengan minyak kayu putih adalah dengan mengoleskan secara merata minyak kayu putih pada bagian leher dan pusar serta sekitar perut. Efek hangat dari kayu putih tersebut paling tidak mengurangi cegukan.

4. Menggunakan Gula Batu
Siapa sangka gula batu juga bisa digunakan sebagai cara mengobati cegukan. Bagaimana bisa? Sebab dalam gula batu memiliki kandungan zat yang bisa merangsang otot diafragma pada tubuh agar bisa melakukan kontraksi secara lancar. Sehingga aliran pernafasan menjadi lancar. Adapun caranya cukup mudah. Anda hanya perlu mengemut gula batu tersebut. Jika di tempat anda tidak ditemukan gula batu, maka sebagai alternatif pengganti bisa dilakukan dengan gula pasir biasa. Teknik nya hampir sama, yakni dengan cara diemut.

5. Mengunyah Jeruk Nipis
Jeruk nipis kaya akan vitamin C, yang ternyata bisa membantu menghilangkan gangguan di syaraf vagus anda. Meskipun akan terasa sangat asam di mulut, namun cara seperti ini bisa menjadi alternatif anda untuk menghilangkan cegukan.

6. Yogurt
Apa pun yang anda lakukan dengan tujuan mengalihkan perhatian saraf dapat mengobati cegukan. Salah satunya dengan yogurt. Siapkan yogurt dingin dan tambahkan sedikit garam untuk membuatnya lebih asam serta asin. Minum dan sekejap wajah anda akan mengerut karena rasa asam asin akibat meminum yogurt tersebut. Ini dimaksudkan agar saraf anda mengendur untuk menghentikan cegukan.

7. Madu
Selain dapat menghilangkan bekas luka, madu juga dapat menghentikan cegukan. Sama seperti gula, madu yang memiliki rasa yang manis sangat baik untuk mengobati cegukan. Caranya: minum madu satu sendok makan, lalu jangan keburu ditelan, hentikan sejenak dalam tenggorokan. Ulangi cara ini bila anda cegukan kembali.

8. Jahe
Anda juga bisa memanfaatkan jahe sebagai cara menghilangkan cegukan. Caranya: kupas jahe segar, iris kecil dan kunyah perlahan-lahan, serap sari jahe agar masuk ke tenggorokan. Rasa hangat yang ditimbulakan jahe mampu menyingkirkan cegukan anda.

9. Tertawa
Salah satu metode paling sederhana untuk menghentikan cegukan adalah tertawa sekencang-kencangnya. Anda bisa memancing tawa dengan menonton acara komedi, membaca komik humor, atau menonton video lucu di Youtube. Dengan tertawa, akan melepaskan ketegangan-ketegangan pada syaraf. Selain tertawa, anda juga bisa bernyanyi lepas.

10. Selai Kacang
Tips menghilangkan cegukan yang terakhir adalah dengan selai kacang. Mengkonsumsi selai kacang juga dapat menyembuhkan cegukan. Ambil satu sendok makan selai kacang. Tempatkan di mulut dan tahan selama 5 s.d 10 menit. Kemudian telan selai kacang tanpa mengunyahnya. Rasa lengket pada selai kacang akan mengurangi cegukan anda.

Ada kalanya kita mengalami cegukan yang terjadi secara terus menerus dan berlangsung lama. Lalu bagaimana solusinya? Untuk masalah tersebut, segeralah untuk menghubungi dokter Spesialis THT, karena bisa jadi ada gangguan kesehatan pada tubuh anda. Dengan memeriksa ke dokter THT, akan diketahui sumber masalah yang menyebabkan anda cegukan.

Demikianlah ulasan kami mengenai cara menghilangkan cegukan secara alami. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan anda di bidang kesehatan, dan menjadi panduan sehari-hari apabila terjadi kondisi darurat seperti cegukan yang tentunya mengganggu aktivitas anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *