8 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki Dengan Cepat

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki – Tidak percaya diri kerap menjadi gangguan yang membuat kita tidak bisa tampil dengan sempurna. Apalagi dengan adanya bekas luka di tubuh kita. Tidak menjadi masalah jika luka tersebut berada di bagian tubuh yang tidak terlalu kelihatan. Namun jika bekas luka tersebut berada dibagian tubuh yang terlihat dan sering terekspose, di kaki misalnya, hal itu akan menjadi masalah yang serius bagi seseorang.

cara menghilangkan bekas luka di kaki

Bagi banyak orang memiliki bekas luka di kaki sangat mengganggu penampilannya, terlebih bagi wanita karier yang bekerja dikantor sering mengenakan rok pendek. Luka di kaki tersebut bisa didapat karena beberapa hal seperti bekas garukan, terkena knalpot motor dan luka karena terjatuh serta hal lainnya.

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki Secara Alami

Berikut ini ada beberapa cara menghilangkan bekas luka di kaki secara alami, mudah dan dapat kita coba di rumah, diantaranya :

1. PUTIH TELUR
Cara menghilangkan bekas luka di kaki dengan cepat yang pertama adalah menggunakan putih telur. Putih telur mengandung banyak protein yang baik untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Zat protein yang terkandung di dalamnya dapat membantu regenerasi kulit yang terluka. Caranya cukup mudah, hanya mengoleskan putih telur pada bekas luka. Diamkan putih telur hingga kering dan terasa ketat. Bilas menggunakan air bersih. Anda juga bisa menambahkan madu agar kulit nampak lebih halus.

2. LIDAH BUAYA
Lidah buaya dapat membantu untuk mengembalikan jaringan kulit yang terluka dan membantu memudarkannya. Cara menggunakannya cukup mudah. Sayar bagian kulitnya hingga gel lidah buaya keluar. Gel lidah buaya akan menimbulkan efek dingin pada kulit. Oleskan gel pada bekas luka. Tunggu hingga gel mengering, lalu bilas dengan air bersih.

3. TEH
Ampas dari teh celup sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Kandungan anti oksidan dapat mempercepat hilangnya luka pada kulit dan dapat membantu regenarasi kulit. Caranya cukup mudah, ambil ampas teh yang sudah terpakai. Tambahkan sedikit air atau madu, aduh hingga tercampur. Gosokkan campuran tersebut di bagian tubuh yang terdapat bekas luka. Lakukan seperti sedang melulur bagian tubuh. Diamkan kira-kira 10-15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin seminggu minimal dua kali.

4. MINYAK ZAITUN
Mendapatkan minyak zaitun cukup mudah. Di mini market banyak tersedia minyak zaitun. Kandungan mineral oildan olive oilyang terdapat didalamnya dapat memudarkan bekas luka dan menghaluskan kulit. Anda cukup mengoleskan minyak zaitun pada bekas luka pada kaki setiap malam menjelang tidur. Keesokan harinya bilas bagian kulit tersebut seperti biasa.

5. JERUK NIPIS
Jeruk nipis dapat pula digunakan sebagai perawatan alami untuk menghilangkan bekas luka. Jeruk nipis mengandung banyak vitamin C yang dapat mematikan kuman dan membantu proses regenarasi kulit. Caranya dengan memotong jeruk nipis, peras airnya. Tempelkan kapas yang telah dicelupkan air jeruk nipis pada bekas luka. Diamkan hingga mengering.

6. MADU
Madu adalah pelembab kulit alami yang secara efektif membantu penyembuhan luka dan merangsang regenerasi jaringan kulit. Caranya: campur 2 sendok makan madu dengan 2 sendok makan baking soda. Oleskan campuran tersebut ke area luka di kaki dengan melakukan pijatan selama 3 menit. Basahi lap/handuk kecil dengan air hangat lalu tempelkan ke bekas luka anda. Setelah handuk berubah dingin, lalu usap campuran tersebut lalu bilas dengan air bersih.

7. MENTIMUN
Anda bisa menggunakan campuran mentimun dan jeruk nipis jus untuk menghilangkan bekas luka. Caranya: Blender beberapa iris mentimun (buang bijinya) dan campurkan satu sendok teh perasan jeruk nipis ke dalamnya. Setelah jadi, oleskan pada area bekas luka pada pada saat menjelang tidur malam hari, lalu cuci bersih keesokan harinya. Jeruk nipis membantu dalam perawatan kulit dan mentimun membantu untuk menghilangkan bekas luka.

8. YOGHURT
Anda bisa membelinya di supermarket. Untuk menghilangkan bekas luka di kaki yang disebabkan karena panas dan luka bakar, yoghurt dapat diterapkan pada kulit yang terkena setiap hari hingga bekas luka tersebut hilang. Yoghurt berfungsi untuk memberikan efek pendingin kulit lebih cepat. Dengan demikian, bekas luka bisa lebih cepat hilang. Anda juga bisa membuat pasta dengan mencampurkan yoghurt dan bubuk kunyit. Oleskan campuran tersebut area yang luka. Lakukan hal ini sesering mungkin untuk mendapatkan hasil maksimal.

Pengobatan Bekas Luka Dari Dalam

Selain menggunakan pengobatan dari luar, anda juga bisa membantu mempercepat pengobatan dari dalam. Sebaiknya anda juga mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C, sayuran dan banyak minum air putih. Karena buah-buahan, sayuran dan air putih dapat membantu proses regenerasi kulit dari dalam dan membuat kulit tampak halus dan sehat.

Pengobatan dari luar juga harus dilakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal. Yang perlu anda ingat, jangan memaksakan pengobatan alami diatas jika kulit anda merasa gatal dan kemerahan. Sebab anda alergi terhadap kandungan yang ada pada bahan-bahan tersebut. Semoga cara menghilangkan bekas luka di kaki dan tips diatas dapat membantu mengatasi masalah kulit anda. Selamat Mencoba!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *