8 Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah Secara Alami

Cara mengatasi tekanan darah rendah – Pernahkah anda merasa mudah pusing, sering mual dan merasa selalu lelah? Jika ya, bisa saja anda memiliki tekanan darah yang rendah. Sebenarnya, tekanan darah rendah ini bisa saja dirasakan oleh setiap orang meskipun mungkin faktor penyebabnya berbeda-beda. Tekanan darah rendah, juga dikenal sebagai hipotensi, adalah suatu kondisi di mana tekanan darah seseorang menjadi begitu rendah sehingga menyebabkan gejala seperti pusing, pingsan, kelelahan, mual, kesulitan bernapas, penglihatan kabur, jantung berdebar, dan dingin, kulit berkeringat. Kondisi yang dapat menyebabkan tekanan darah rendah antara lain kehamilan, permasalahan jantung, kehilangan darah (kecelakaan), pengaruh obat-obatan, dehidrasi, reaksi alergi, kurangnya nutrisi dalam makanan, dan yang lainnya. Cara mengobati tekanan darah rendah sebetulnya bisa anda lakukan di rumah dengan beberapa bahan alami dan merubah pola hidup sehat.

cara mengatasi tekanan darah rendah

Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Sebelum melakukan pengobatan, anda yang merasa memiliki gejala tekanan darah rendah perlu melakukan pemeriksaan ke dokter. Hal ini dilakukan untuk mengetahui keadaan anda sebenarnya. Jika ternyata memang benar bahwa anda memiliki tekanan darah yang rendah, tidak perlu khawatir karena masalah ini bisa terselesaikan secara alami tanpa harus mengkonsumsi obat tekanan darah rendah. Berikut ini beberapa cara mengatasi tekanan darah rendah secara alami, antara lain :

1. Perbanyak Minum Air Putih
Cara mengatasi tekanan darah rendah yang pertama adalah memperbanyak meminum air putih. Seperti yang kita ketahui, air putih telah diteliti memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh manusia. Maka pantas saja jika air putih dikatakan sebagai salah satu sumber dari kehidupan. Air putih sangat berguna untuk memperlancar peredaran darah dan menjadi detoksifikasi terbaik yang dibutuhkan tubuh. Dengan aliran darah yang lancar serta berkurangnya racun pada tubuh maka tekanan darah anda akan meningkat secara perlahan.

2. Mengkonsumsi Makanan Penambah Darah
Untuk meningkatkan tekanan darah, mengkonsumsi makanan penambah darah untuk penderita darah rendah bisa dijadikan solusi terbaik. Makanan-makanan yang mampu menaikan darah rendah salah satunya adalah sawi. Sayuran ini sangat baik dikonsumsi oleh anda yang memiliki masalah tekanan darah rendah dikarenakan kandungannya yang mampu memperbaiki siklus hemoglobin di dalam tubuh. Kandungan baik tersebut diantaranya adalah vitamin A, vitamin B, vitamin C, potassium, magnesium, serta kalium. Selain sawi, sayuran yang mampu meningkatkan tekanan darah yang rendah adalah kembang kol. Kandungan yang dimiliki oleh kembang kol ini juga mampu meregenerasi hemoglobin sama seperti sawi. Disamping sayuran tersebut adapula makanan untuk tekanan darah rendah yakni seperti kangkung, kacang hijau, daun katuk, bayam, dan juga udang.

3. Air Garam
Selain dapat digunakan mengobati bisul, air garam juga membantu mengatasi tekanan darah rendah karena natrium pada garam meningkatkan tekanan darah. Namun jangan berlebihan memakai obat alami ini, meskipu kelebihan garam dapat membuat anda menjadi sehat. Caranya: cukup campurkan setengah sendok teh garam dalam segelas air, aduk dan kemudian minum. Air garam akan sangat efektif ketika anda minum saat berolahraga.

4. Kismis
Kismis merupakan obat tradisional yang baik untuk mengobati hipotensi secara alami. Caranya, rendam 30-40 butir kismis dalam secangkir air dalam semalaman. Pada pagi hari, makan kismis satu biji pada saat perut anda kosong. Anda konsumsi kismis dengan cara ini selama 2 minggu s/d 1 bulan.

5. Kopi
Minum secangkir kopi dapat sementara meningkatkan tekanan darah anda. Jika Anda menderita tekanan darah rendah, minum secangkir kopi di pagi hari setelah sarapan akan cukup membantu. Namun, jangan menjadikan kebiasaan minum kopi, karena jika dikonsumsi jangka panjang, kafein memiliki efek yang buruk bagi kesehatan.

6. Jus Wortel
Memulai pagi hari anda dengan jus wortel segar yang dicampur dengan sedikit madu merupakan cara mudah untuk mengatasi tekanan darah rendah. Caranya: buat segelas jus wortel. Campur dua sendok makan madu di dalamnya. Anda bisa minum dua kali sehari (pada saat perut kosong di pagi hari dan di malam hari).

7. Perbaiki Kualitas Tidur
Tahukah anda bahwa ternyata baik tidaknya kualitas tidur juga turut mempengaruhi tekanan darah? Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli, kualitas tidur juga memiliki peran penting dalam kondisi tekanan darah seseorang. Khususnya bagi mereka yang memiliki pola tidur yang buruk, misalnya tidur saat pagi hingga siang dan terbangun ketika malam. Keadaan ini sangatlah mempengaruhi tingkat tekanan darah pada tubuh. Oleh karenanya, segeralah perbaiki pola tidur selama ini sebelum masalah tekanan darah ini mengganggu aktivitas rutin anda.

8. Olahraga
Tekanan darah rendah juga mengindikasikan jika seseorang memiliki pola hidup yang kurang sehat terutama kurang berolahraga. Ketika tubuh diajak untuk berolah raga maka aliran darah akan lancar dan tentunya siklus metabolisme tubuh juga akan terjaga. Lakukan olahraga ringan bisa dengan jalan pagi atau sore setiap harinya. Dengan aliran darah dan metobolisme yang lancar maka tekanan darah rendah bukan lagi menjadi masalah yang perlu dikhawatirkan.

Cara-cara yang disebutkan tadi mungkin terdengar mudah untuk dilakukan. Namun pada realitanya bisa dikatakan sangat sulit untuk diterapkan, terutama bagi anda yang sehari-harinya sangat sibuk dengan pekerjaan. Namun jika anda memang ingin menyelesaikan masalah anda, tentu anda bisa meluangkan waktu. Jangan lupa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui lebih lanjut tekanan darah anda. Demikian ulasan terkait cara mengatasi tekanan darah rendah, semoga bisa menginspirasi bagi anda penderita tekanan darah rendah. Selamat mencoba

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *