6 Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil Secara Alami

Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil – Keputihan memang menjadi masalah wanita yang sangat menyebalkan. Keputihan tak hanya dialami oleh wanita yang belum hamil. Wanita hamil pun bisa mengalami keputihan. Keputihan pada ibu hamil memang lebih berbahaya, karena bisa mempengaruhi kandungan. Jika dibiarkan begitu saja bisa menyebabkan keguguran, bayi prematur, ketuban pecah dini dan masalah yang lainnya. Oleh karena itu harus segera diatasi. Apa Penyebab Keputihan Saat Hamil? produksi estrogen dalam tubuh anda tinggi, yang meningkatkan aliran darah ke daerah panggul dan merangsang selaput lendir sehingga muncullah keputihan.

cara mengatasi keputihan saat hamil

Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil

Cara mengatasi keputihan saat hamil bisa dengan menggunakan cara alami dan dilakukan sendiri di rumah. Cara ini sangat aman untuk para ibu hamil dan tidak membahayakan janin didalam kandungan. Berikut ini cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi keputihan pada saat hamil, yaitu antara lain:

1. Selalu Menjaga Kebersihan Organ Intim
Masalah keputihan sangat mempengaruhi organ intim wanita. Untuk mengatasi keputihan pada ibu hamil harus selalu menjaga kebersihan organ intim. Ganti celana dalam ketika sudah basah. Pada ibu hamil biasanya organ intim sering lembab. Ketika buang air kecil atau buang air besar bersihkan bagian intim dengan benar. Jangan sampai bagian intim anda lembab dan basah. Ini akan sangat mempengaruhi keputihan menjadi lebih banyak. Jadi anda harus benar-benar hati-hati dan menjaga organ intim anda. Gunakan Tisu Bayi. Saat membersihkan cairan keputihan usahakan gunakan media yang steril, salah satunya tisu bayi. Bersihkan secara perlahan dan jangan masuk terlalu ke dalam, fokus bersihkan bagian luar (vulva) saja.

2. Pilih Celana Dalam Berbahan Katun
Gunakan celana katun dalam kegiatan sehari-hari. Bahan katun lebih mudah menyerap keringat dibandingkan bahan yang lainnya. Bahan katun juga lebih nyaman digunakan dan tidak membuat bagian organ intim anda lembab. Selain itu untuk ibu hamil jangan menggunakan celana dalam yang terlalu ketat. Memakai celana dalam yang terlalu ketat akan membuat keputihan semakin parah. Gunakan celana dalam dengan ukuran yang pas.

3. Jangan Gunakan Pantyliner Dan Sabun Pembersih
Sering menggunakan pantyliner dan sabun pembersih akan membuat keputihan semakin parah. Ini juga berlaku bagi wanita yang tidak hamil. Lebih baik hindari menggunakan pantyliner, kecuali dalam hal yang mendesak. Selain itu jangan terlalu sering menggunakan sabun pembersih untuk vagina. Jika terlalu sering menggunakan sabun pembersih akan membuat organ intim anda menjadi kering. Ini akan membahayakan, padahal organ intim harus selalu dalam keadaan lembab. Tetapi bukan berarti lembab yang terlalu berlebihan.

4. Udara Bersih
Cobalah untuk mendapatkan paparan udara pada bagian intim sebanyak mungkin. Anda bisa tidur telanjang atau berjalan di sekitar rumah anda tanpa celana atau pakaian jika sedang sendirian di rumah. Udara akan membantu menjaga kulit menjadi segar, sehat dan menghindari infeksi. Udara yang bersih membantu mengobati masalah keputihan sendiri.

5. Daun Sirih
Selain menggunakan cara-cara yang saya sebutkan diatas, anda juga bisa menggunakan bahan alami yaitu daun sirih. Memang banyak sekali sabun pembersih yang menggunakan bahan dasar sabun sirih. Tetapi ini berbeda jika anda menggunakan daun sirih alami. Daun sirih mengandung antibakteri yang bisa membunuh bakteri penyebab keputihan. Anda bisa mengambil beberapa lembar daun sirih yang masih segar, kemudian cuci sampai bersih. Rebus daun sirih sampai mendidih. Setelah air daun sirih dingin gunakan untuk membasuh bagian organ intim anda. Lakukan cara ini secara rutin setiap harinya.

6. Pisang
Anda bisa mengkonsumsi pisang setiap hari. Selain bagus untuk kesehatan anda dan bayi dalam kandungan, karena mengandung asam folat, pisang juga ampuh mengurangi keputihan saat hamil. Caranya cukup mudah. Anda tinggal makan satu pisang dengan susu dan madu di pagi hari.

Masih ada banyak cara mengatasi keputihan pada hamil. Seperti jangan terlalu stress, hindari terlalu lama merendam di air panas, jangan konsumsi makanan yang memicu keputihan dan masih banyak lainnya. Untuk ibu hamil memang jangan terlalu banyak konsumsi obat-obatan yang mengatasi keputihan. Lebih baik menggunakan obat keputihan untuk ibu hamil yang alami dan aman untuk perkembangan janin. Jika keputihan masih berlanjut dan menjurus ke infeksi, anda harus segera memeriksakannya ke dokter. Sekian artikel kali ini mengenai cara mengatasi keputihan saat hamil. Semoga bisa memberikan info yang bermanfaat untuk anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *