Cara Membuat Kembang Tahu Kuah Jahe Dengan Mudah

Cara Membuat Kembang Tahu Kuah Jahe – Mungkin hanya sebagian orang saja yang mengerti bagaimana cara membuat kembang tahu. Padahal kembang tahu memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh, terutama dalam memenuhi kebutuhan protein nabati. Beberapa manfaat mengkonsumsi kembang tahu diantaranya adalah mencerahkan kulit, menurunkan tekanan darah yang tinggi, meminimalisir risiko terkena diabetes, mencegah penyakit jantung, menurunkan kolesterol, dan mencegah kanker payudara. Manfaat-manfaat tersebut ada dikarenakan kandungan yang dimiliki kembang tahu seperti phenolik, fitoestrogen, kalsium, karbohidrat, protein, lemak dan asam tak jenuh.

cara membuat kembang tahu

Sekarang ini, kembang tahu begitu diminati oleh masyarakat karena rasanya yang lezat serta dapat dibuat menjadi berbagai macam olahan masakan. Kembang tahu sebenarnya berasal dari lapisan tipis putih yang muncul karena susu kedelai yang dimasak hingga mendidih. Biasanya kembang tahu sering dijadikan tambahan olahan makanan seperti capcay, sup, dan makanan lainnya. Teksturnya yang lembut juga sangat cocok untuk dijadikan makanan bayi yang sehat. Terlepas dari itu, kembang tahu yang dikombinasikan dengan siraman air jahe hangat juga bisa dijadikan sebagai santapan yang lezat dan sangat cocok untuk menghangatkan tubuh. Bagi Anda yang penasaran dengan cara pembuatan makanan khas Jawa Barat ini, berikut ini akan kami ulas selengkapnya cara membuat kudapan kembang tahu kuah jahe yang lezat. (Baca juga cara membuat tempe kedelai)

Cara Membuat Kembang Tahu

Sebelum memulai, siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan. Bahan yang digunakan untuk membuat kembang tahu kuah jahe ini yakni susu kedelai putih murni sebanyak 10 gelas, air secukupnya, gula merah ½ kg, agar-agar putih 2 bungkus. Jahe sebanyak 10 ruas, garam secukupnya dan daun pandan 1 ikat. Berikut ini cara membuat kembang tahu kuah jahe, antara lain :

1. Masuk ke proses pembuatan. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat kembang tahunya. Siapkan terlebih dahulu panci di atas kompor. Setelah itu masukan susu kedelai beserta garam secukupnya. Jangan lupa untuk memasukan agar-agar putih ke dalam panci yang berisi susu kedelai tadi. Setelah bahan-bahan tadi sudah dimasukkan, diaduk hingga merata dan mendidih. Apabila bahan-bahan yang dimasak tadi sudah mendidih, pindahkan pada wadah yang sudah dibersihkan dan telah dibasahi sedikit dengan air masak. Bahan tersebut bisa dibiarkan sampai benar-benar dingin dan memiliki tekstur yang mulai membeku.

2. Langkah selanjutnya adalah membuat kuah jahe. Untuk membuat siraman kembang tahu ini, dimemarkan terlebih dahulu jahe yang telah disediakan sebelumnya. Setelah itu, dimasak gula merah sampai benar-benar mencair. Jika jahe telah dimemarkan dan gula merah selesai dicairkan, langkah selanjutnya adalah mencampur kedua bahan tersebut dengan air untuk kemudian direbus. Namun, jangan lupa untuk menambahkan daun pandan serta sejumput garam untuk menambah cita rasa kuah kembang tahu ini. Apabila sudah mendidih, diangkat dan disaring air rebusan tadi ke wadah bersih untuk memisahkan air rebusan dengan jahe serta daun pandan agar tidak termakan.

3. Terakhir, kuah jahe nan lezat tersebut bisa langsung disiramkan pada kembang tahu. Jika Anda ingin lebih mengkreasikan cita rasanya, bisa juga mengganti gula merah dengan gula pasir. Kembang tahu kuah jahe ini bisa disajikan kapanpun sesuai dengan keinginan, terutama ketika suasana sedang mendung atau hujan maka makanan ini akan lebih terasa lezatnya.

Mengingat cara pembuatannya yang sangat mudah, maka tidak ada salahnya jika menambahkan makanan ini dalam menu cemilan keluarga di rumah? Sebab kudapan ini tentu akan lebih nikmat jika disantap bersama keluarga atau teman-teman sambil bercengkrama. Demikian ulasan mengenai cara membuat kembang tahu kuah jahe, semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *